Terms of Use

Selamat datang di www.bonapp.id. Syarat & Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Sepadan Mitra Teknologi terkait penggunaan situs www.bonapp.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.bonapp.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & Ketentuan. Syarat & Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Sepadan Mitra Teknologi. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.bonapp.id.

1. Ketentuan Umum

Ketentuan Penggunaan ini adalah perjanjian hukum yang sah dan mengikat antara Merchant (“Anda”) dan PT Sepadan Mitra Teknologi (“Kami”), suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta Selatan, yang merupakan pemegang merek “BonApp” di Indonesia yaitu solusi terintegrasi produk jasa dalam platform digital secara menyeluruh pada industri Food and Beverage (F&B). Dengan mengakses dan / atau menggunakan layanan BonApp, Anda dianggap telah memahami dan menyetujui seluruh isi dalam syarat dan ketentuan di bawah ini (“Ketentuan Penggunaan”). Ketentuan Penggunaan dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Perubahan Ketentuan Penggunaan akan segera berlaku setelah dicantumkan di dalam situs BonApp. Dalam hal ini, Anda memiliki tanggung jawab untuk meninjau Ketentuan Penggunaan secara teratur.

2. Definisi

Dalam Ketentuan Penggunaan ini, kata-kata berikut akan memiliki arti sebagaimana dijelaskan di bawah ini:

  1. “Biaya Jasa” adalah biaya yang dibebankan kepada Merchant, yang terdiri dari Biaya Berlangganan Bulanan dan Biaya Platform untuk setiap transaksi pembayaran non tunai (cashless).
  2. “Biaya Pemesanan” adalah biaya atas pemesanan Produk (order fee) yang dibebankan kepada Pelanggan untuk setiap bill transaksi baik melalui pembayaran tunai maupun non tunai (cashless).
  3. “BonApp” adalah sistem elektronik (platform) yang dibuat oleh PT Sepadan Mitra Teknologi, yang merupakan solusi berkesinambungan produk jasa dalam Platform Digital secara menyeluruh pada Industri Food and Beverage (F&B).
  4. “Formulir” adalah Formulir Pendaftaran Merchant BonApp yang berisi informasi antara lain data Merchant, jenis layanan, harga berlangganan, dan waktu berlangganan sebagaimana tertera pada tautan berikut ini: https://www.bonapp.id/merchant-register/.
  5. “Formulir Perubahan” adalah Formulir yang digunakan untuk permohonan perubahan jasa berlangganan Merchant.
  6. “Hari Kerja” adalah setiap Senin sampai dengan Jumat pada kalendar Masehi, kecuali hari libur resmi yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Negara Republik Indonesia.
  7. “Kebijakan Privasi” adalah kebijakan privasi atas penggunaan Layanan yang dapat di akses pada https://www.bonapp.id/privacy-policy/, sebagaimana diterapkan serta dapat diubah atau ditambahkan dari waktu ke waktu, yang merupakan bagian dan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini.
  8. “Ketentuan Penggunaan” adalah Ketentuan Penggunaan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
  9. “Merchant” adalah pihak yang bertindak sebagai penyedia Produk dan terdaftar pada platform BonApp.
  10. “Mitra BonApp” adalah pihak yang melaksanakan pengantaran Produk yang dipesan oleh Pelanggan melalui fitur jasa pengantaran internal atau fitur jasa pengantaran lainnya didalam Platform BonApp.
  11. “Pelanggan” adalah pihak yang melakukan pesanan terhadap Produk dari Merchant.
  12. “Produk” adalah makanan atau minuman yang dipasarkan melalui Platform BonApp oleh Merchant.

3. Ruang Lingkup

Anda mengizinkan Kami untuk melakukan integrasi layanan Platform BonApp agar dapat digunakan oleh Anda. Sebagai penyedia jasa Platform Digital terintegrasi, setelah proses pengaktivasian, Kami menyerahkan penggunaan Platform secara menyeluruh mulai dari proses pemasukan data dan gambar hingga proses penggunaannya kepada Anda.

4. Hak dan Kewajiban Kami

  1. Kami berhak untuk melakukan pengumpulan data pribadi dan data transaksi termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, alamat surat elektronik (e-mail), nomor telephone seluler dan data Pribadi lainnya yang dicantumkan pada saat melakukan pendaftaran.
  2. Kami berhak untuk menerima pembayaran atas Biaya Jasa dan / atau biaya lainnya yang mungkin timbul dari penggunaan Platform BonApp.
  3. Kami berhak untuk menagih pembayaran atas Biaya Pemesanan yang dibayarkan oleh Pelanggan kepada Merchant secara tunai, dan akan ditagihkan kepada Merchant pada setiap akhir bulan berjalan.
  4. Kami berhak untuk melakukan perubahan dan/atau pembaharuan dari waktu ke waktu pada Ketentuan Penggunaan ini termasuk layanan yang terdapat pada Platform BonApp.
  5. Kami berhak untuk me-nonaktif-kan Akun Anda apabila Anda melakukan pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan ini dan / atau peraturan perundang - undangan yang berlaku.
  6. Kami berkewajiban untuk menyediakan Platform Menu Digital kepada Anda.
  7. Kami berkewajiban untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada Anda terkait dengan penggunaan Platform BonApp.
  8. Kami berkewajiban untuk menyediakan layanan terpadu melalui WhatsApp, Email dan Call Center untuk melayani pertanyaan Anda terkait dengan penggunaan Platform BonApp.
  9. Kami menyadari sepenuhnya bahwa data pribadi bersifat rahasia dan kami menghormati sifat kerahasiaan tersebut. Oleh karenanya, dalam penyelenggaraannya, kami berkewajiban senantiasa menjaga dan melindungi kerahasiaan data pribadi termasuk data transaksi berdasarkan asas perlindungan data pribadi yang baik, dan mencegah penggunaan data pribadi tersebut dari setiap tindakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Hak dan Kewajiban Anda

  1. Anda berhak mendapatkan layanan Menu Digital pada Platform BonApp.
  2. Anda berhak mendapatkan edukasi dan pelatihan terkait dengan penggunaan Platform BonApp.
  3. Anda berhak mendapatkan layanan terpadu melalui WhatsApp, Email dan Call Center untuk melayani pertanyaan Anda terkait dengan penggunaan Platform BonApp.
  4. Anda berkewajiban untuk membayar Biaya Jasa dan / atau biaya lainnya yang mungkin timbul dari penggunaan Platform BonApp.
  5. Anda berkewajiban untuk membayar tagihan atas Biaya Pemesanan yang Anda terima dari Pelanggan untuk setiap transaksi yang dilakukan secara tunai. Biaya Pemesanan akan ditagihkan pada setiap akhir bulan berjalan.
  6. Anda berkewajiban untuk memastikan bahwa Anda memiliki izin usaha restoran / rumah makan / penyediaan makanan dan minuman, yang masih berlaku sesuai dengan peraturan perundang - undangan yang berlaku.
  7. Anda berkewajiban untuk melakukan pemasukan data dan gambar secara mandiri didalam Platform yang telah disediakan oleh Kami dengan standar yang baik dan sesuai dengan atau mendekati dari standar yang ditentukan oleh Kami.
  8. Anda berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan seluruh data dan/atau informasi yang diberikan oleh Kami kepada Anda termasuk tetapi tidak terbatas pada data Pelanggan, dan Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan data dan/atau informasi tersebut selain untuk tujuan pelaksanaan penggunaan layanan pada Platform BonApp. Pelanggaran terhadap ketentuan ini menjadi tanggungjawab Anda sepenuhnya secara hukum termasuk segala akibatnya dan Kami tidak bertanggungjawab atas pelanggaran yang Anda lakukan terhadap ketentuan ini.
  9. Anda bertanggung jawab atas seluruh hal atau kegiatan yang dilakukan di Platform BonApp atas nama Anda atau menggunakan akun Anda tersebut.
  10. Anda bertanggung jawab sepenuhnya jika melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang telah dirincikan pada Ketentuan Penggunaan ini, dan menyetujui untuk melepaskan Kami atas seluruh tuntutan / gugatan / kerugian yang diakibatkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Anda.

6. Biaya Jasa dan Cara Pembayaran

  1. Biaya Jasa yang dibebankan kepada Merchant atas penggunaan layanan BonApp terdiri dari Biaya Berlangganan Bulanan dan Biaya Platform untuk setiap transaksi pembayaran non tunai (cashless). Biaya Jasa termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
  2. Biaya Berlangganan Bulanan akan dikenakan kepada Merchant setiap bulan yang besarannya tercantum dalam Formulir Pendaftaran.
  3. Biaya Platform akan dikenakan kepada Merchant untuk setiap transaksi pembayaran non tunai (cashless) melalui Platform yang dilakukan oleh Pelanggan yang besarannya tercantum dalam Formulir Pendaftaran. Biaya Platform akan langsung di debit dari saldo Merchant pada saat pencairan.
  4. Biaya Pemesanan akan dikenakan kepada Pelanggan untuk setiap bill transaksi baik melalui pembayaran tunai maupun non tunai (cashless). Biaya Pemesanan yang ditagihkan kepada Merchant hanya untuk pembayaran yang dilakukan secara langsung (tunai) oleh Pelanggan kepada Merchant. Biaya Pemesanan akan ditagihkan kepada Merchant pada setiap akhir bulan berjalan. Keterlambatan atas pembayaran Biaya Pemesanan lebih dari 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal jatuh tempo yang tercantum dalam tagihan (invoice) akan mengakibatkan deaktivasi layanan pada Platform dan dikenakan denda sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per hari keterlambatan.
  5. Semua pembayaran atas Biaya Jasa dan Biaya Pemesanan ditujukan ke rekening bank milik Kami, atas nama PT Sepadan Mitra Teknologi sebagaimana tercantum dalam Formulir Pendaftaran.

7. Manajemen Konten

Kami memberikan hak kepada Anda untuk mengunggah dan/atau mengubah data informasi mengenai restoran, menu, alamat, jam operasional, nomor telepon yang ditampilkan dalam sistem Platform BonApp. Anda bertanggung jawab secara penuh atas seluruh konten atau substansi yang anda unggah pada Platform BonApp

8. Akun BonApp Merchant

  1. Anda harus melakukan pendaftaran dan pembayaran Biaya Jasa untuk kemudian Kami verifikasi guna mendapatkan Akun BonApp Merchant. Akun BonApp Merchant (BonApp Client Dashboard) dapat digunakan untuk akses dan/atau penggunaan Platform BonApp beserta seluruh fitur lain yang tersedia didalamnya. Platform BonApp hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak dapat dialihkan kepada pihak lain dengan alasan apapun.
  2. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran setiap penggunaan layanan maupun akses dan/atau penggunaan Platform BonApp. Anda dengan ini membebaskan Kami dari segala klaim/gugatan dan tuntutan hukum dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun sehubungan dengan setiap penggunaan layanan maupun akses dan/atau penggunaan Platform BonApp.
  3. Kami memilik hak untuk membatasi dan/atau memblokir akses Anda di Platform BonApp, berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami apabila Anda telah melanggar Ketentuan Penggunaan ini.

9. Persyaratan Penggunaan Layanan Oleh Merchant

  1. Anda hanya dapat menggunakan layanan setelah Anda menyetujui Ketentuan Penggunaan ini dan mengisi serta melengkapi Formulir Pendaftaran atau formulir lainnya (jika ada) yang dipersyaratkan oleh Kami.
  2. Sebagai bagian dari proses pendaftaran sebagai Merchant, Anda setuju untuk memenuhi seluruh persyaratan administrasi yang diperlukan untuk menggunakan layanan sebagaimana diatur dalam Formulir Pendaftaran.
  3. Anda wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis dan memberikan salinan dokumen sebagai bukti kepada Kami apabila terdapat perubahan jenis usaha dan perubahan rekening Bank Merchant yang terdaftar dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut dilakukan.

10. Masa Berlaku

Ketentuan Penggunaan ini berlaku selama Anda menggunakan layanan Platform BonApp atau selama Akun BonApp Merchant Anda masih aktif.

11. Pembatasan Tanggung Jawab

  1. Anda dengan ini setuju membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim, kewajiban, dan / atau tuntutan kerugian oleh pihak manapun, sehubungan dengan: (a) tindakan penipuan, kriminal atau tindakan tidak sah yang dilakukan oleh Anda atau karyawan Anda ; (b) setiap akses pihak ketiga yang tidak sah atau illegal terhadap informasi rahasia yang diakibatkan oleh kesalahan dan/ atau kelalaian Anda; (c) setiap tindakan kelalaian atau kesalahan oleh Anda atau karyawan Anda (d) setiap pelanggaran atas ketentuan manajemen konten yang disebabkan oleh tindakan kelalaian atau kesalahan Anda atau karyawan Anda; dan (e) setiap hal sehubungan dengan Produk dan/atau layanan Anda kepada Pelanggan.
  2. Anda berjanji bahwa Anda akan menggunakan Platform BonApp hanya untuk tujuan yang dimaksud untuk mendapatkan layanan. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan Platform BonApp untuk tujuan penipuan atau menyebabkan kondisi tidak nyaman kepada orang lain atau melakukan pemesanan palsu atau transaksi fiktif.
  3. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu, untuk memblokir Akun Anda dan melakukan segala tindakan yang dianggap perlu oleh Kami, apabila ditemukan indikasi bahwa Anda melakukan penipuan, pemesanan palsu, transaksi fiktif atau tindakan melawan hukum lainnya.
  4. Anda dengan ini mengetahui bahwa layanan dan/atau sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketiadaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.
  5. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan (a) sistem atau layanan (atau bagian mana pun dari sistem atau layanan) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b) layanan (atau fitur maupun bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Kami.
  6. Kami dalam kondisi apa pun tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak mana pun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak mana pun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:
    1. kehilangan data
    2. kehilangan pendapatan, keuntungan atau pemasukan lainnya

12. Hak Kekayaan Intelektual

  1. Seluruh sistem dan Platform BonApp termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) tata letak, rancangan dan tampilan Platform yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Platform akun Anda; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Platform; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Platform BonApp maupun atas tata letak, desain dan tampilan Platform.
  2. Anda dilarang untuk dengan cara apa pun dan dalam kondisi apa pun menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami sebagaimana dimaksud dalam butir a di atas, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.

13. Keamanan dan Perlindungan Informasi

  1. Kecuali diatur lain secara tegas dalam Ketentuan Penggunaan ini, setiap pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan dan pembagian data dan/ atau informasi pribadi dan sensitive, termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telpon seluler, nomor fax, alamat surat elektronik, nomor rekening dan rincian kartu kredit, gender, identitas, yang diberikan oleh Anda, akan tunduk kepada Kebijakan Privasi.
  2. Anda setuju untuk melepaskan Kami dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan dan / atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga yang tidak berwenang. Anda wajib untuk memberitahukan Kami sesegera mungkin apabila mengalami gangguan sistem apapun.
  3. Anda menjamin tidak akan melakukan hal - hal sebagai berikut:
    1. menghapus setiap pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Platform BonApp;
    2. menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan, dimuka umum baik sebagian maupun seluruhnya, merekayasa balik, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Platform BonApp;
    3. memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak lain Platform BonApp, dengan cara menciptakan tautan link internet ke Platform BonApp atau “frame” atau ”mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet;
    4. meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, webspiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Platform BonApp;
    5. menggunakan aplikasi pencarian atau pengambilan kembali situs, perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil (scraping), indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Platform BonApp;
    6. menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi lain yang Kami miliki tanpa persetujuan tegas terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang melisensikan haknya kepada Kami;
    7. menggunakan dan/atau mengakses secara tidak resmi Platform BonApp untuk (a) merusak, melemahkan atau membahayakan setiap aspek dari Platform BonApp dan/atau sistem dan jaringan terkait, dan/atau (b) membuat produk atau layanan tandingan serupa menggunakan ide, fitur, fungsi, atau grafik menyerupai Platform BonApp;
    8. melakukan hal-hal yang mengakibatkan kerusakan terhadap sistem Platform BonApp dengan sengaja; atau
    9. melakukan hal-hal yang bertujuan untuk mencuri data Platform BonApp.

14. Kewajiban Pernyataan dan Jaminan

  1. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Ketentuan Penggunaan ini. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan ini, Kami berhak berdasarkan hukum untuk sewaktu-waktu menonaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun dan/atau layanan, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.
  2. Anda selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan layanan dan Akun serta untuk melaksanakan seluruh syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  3. Jika Anda melakukan pendaftaran atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  4. Anda telah membaca, mengerti dan memahami seluruh isi syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk tunduk dengan serta melaksanakan seluruh syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  5. Seluruh data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak mana pun. Penyampaian data oleh Anda kepada Kami atau melalui sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain di mana Anda merupakan pihak atau di mana Anda atau aset Anda terikat.
  6. Layanan maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Anda wakili.

15. Keadaan Kahar

Platform dapat diinterupsi, dan berhenti sementara oleh kejadian di luar kewenangan atau kontrol Kami (“Keadaan Kahar”), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, gangguan internet, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Dalam hal ini, Anda setuju untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan dan tanggung jawab, jika Kami tidak dapat memfasilitasi layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Anda berikan melalui Platform, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu Keadaan Kahar.

16. Hukum yang Mengatur

Ketentuan Penggunaan ini tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia. Ketentuan Penggunaan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan dapat diterjemahkan ke bahasa lain. Dalam hal terdapat perbedaan penafsiran antara Bahasa Indonesia dengan versi terjemahannya tersebut, maka versi Bahasa Indonesia yang akan digunakan

17. Penyelesaian Perselisihan

17. Penyelesaian Perselisihan

Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Ketentuan Penggunaan ini termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

  1. Salah satu pihak baik Anda atau Kami wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”).
  2. Jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, maka Semua Perselisihan yang timbul, akan diselesaikan dan diputus oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) menurut peraturan-peraturan administrasi dan peraturan-peraturan prosedur arbitrase BANI, yang keputusannya mengikat kedua belah pihak yang bersengketa sebagai keputusan tingkat pertama dan terakhir.
  3. Anda wajib untuk menanggung seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran yang telah atau mungkin Kami keluarkan atau bayarkan dalam rangka penyelesaian Perselisihan (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya, ongkos dan pengeluaran untuk menghadiri sidang arbitrase serta untuk mempersiapkan dan mengajukan segala permohonan, tuntutan, informasi, bukti, keterangan dan/atau dokumen apa pun dalam rangka pelaksanaan atau selama proses sidang arbitrase) sampai dengan adanya putusan arbitrase yang final dan mengikat.
  4. Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat, Anda wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apa pun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak mana pun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Platform, layanan, dan/atau Akun dapat sewaktu-waktu diakhiri atau dinon-aktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.

18. Pengakhiran

  1. Kami berhak untuk (i) tidak melaksanakan perintah dari Anda, (ii) tidak melanjutkan atau tidak meneruskan atau membatasi transaksi, (iii) menghentikan, menangguhkan atau menonaktifkan penggunaan Akun atau layanan, di mana untuk masing-masing kondisi tersebut di atas baik untuk sementara waktu, untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:
    1. Berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Kami mengetahui atau menduga telah atau akan terjadi atau dilakukan penggunaan Akun, dan/atau layanan untuk tujuan penipuan, tujuan kriminal, aksi kejahatan dan/atau untuk tujuan, alasan, aksi atau aktivitas lainnya yang melanggar hukum atau peraturan perundang-undangan negara Republik Indonesia maupun negara lain;
    2. Berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri (a) Kami mengetahui atau menduga terjadi transaksi yang tidak wajar, dan/atau (b) jumlah transaksi dengan menggunakan atau melalui Akun dalam satu hari melebihi jumlah atau tingkat kewajaran transaksi, masing-masing sebagaimana ditentukan oleh Kami;
    3. Berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Anda telah melanggar satu atau lebih Syarat dan Ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini;
    4. Sebagian atau seluruh data tidak benar, tidak lengkap, palsu, fiktif dan/atau menyesatkan;
    5. Alamat email atau telepon yang Anda cantumkan atau gunakan untuk penggunaan Platform atau layanan atau untuk melakukan transaksi telah terblokir;
    6. Anda belum melengkapi proses atau persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang undangan yang berlaku;
    7. Kami sedang melakukan pembaharuan, pemeliharaan, perubahan, peningkatan, penyesuaian, penggantian dan/atau tindakan lain atas Platform, layanan dan/atau sistem (atau bagian mana pun dari padanya) dan untuk itu Kami tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapa pun; dan/atau
    8. Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi.
  2. Anda dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini dan/atau layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) tanpa diperlukan adanya putusan atau penetapan dari pengadilan.
  3. Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apa pun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini maupun hukum yang berlaku.

19. Pemberitahuan

Kami dapat menyampaikan pemberitahuan melalui Platform, surat elektronik (e-mail) ke alamat surat elektronik (e-mail) Anda yang ada dalam catatan Kami, atau komunikasi tertulis yang dikirimkan melalui surat tercatat atau pos ke alamat Anda yang ada dalam catatan Kami. Pemberitahuan tersebut akan dianggap telah disampaikan 48 jam setelah pengiriman atau pengeposan (jika dikirimkan melalui surat tercatat atau pos), atau 1 jam setelah pengiriman (jika dikirimkan melalui surat elektronik (e-mail)). Anda dapat menyampaikan pemberitahuan kepada Kami (pemberitahuan mana akan dianggap telah disampaikan saat diterima oleh Kami) dengan metode dan rincian kontak yang disediakan di Platform.

20. Ketentuan Lain

  1. Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Ketentuan Penggunaan ini tidak dapat berakhir karena alasan apa pun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan layanan atau Platform atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.
  2. Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan syarat dan ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  3. Dari waktu ke waktu, Ketentuan Penggunaan ini dapat di ubah dan/atau diperbaharui oleh Kami. Setiap perubahan dan/atau pembaharuan yang Kami lakukan akan Kami tempatkan pada Ketentuan Penggunaan ini dan dapat diberitahukan kepada Anda melalui notifikasi pada Situs Kami. Anda disarankan untuk membaca secara seksama dan memeriksa halaman Ketentuan Penggunaan ini dari waktu ke waktu untuk melihat perubahan dan/atau pembaharuan yang Kami lakukan terhadap Ketentuan Penggunaan ini. Dengan tetap mengakses dan menggunakan situs dan layanan BonApp, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Ketentuan Penggunaan ini.

21. Penutup

Dengan menggunakan layanan pada Platform BonApp maka anda telah membaca, mengerti, mematuhi dan menyetujui seluruh syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang berlaku di Platform BonApp.

© 2021 - 2024 • PT. Sepadan Mitra Teknologi • BonApp is a registered trademark of PT. Sepadan Mitra Teknologi